Cara Cek NIK On Line

Bagaimana cara cek nik (nomor induk kependudukan) online ? Apakah NIK anda atau NIK  anak anda valid atau tidak? Karena sekarang hampir semua urusan menggunakan NIK. Kalau pas butuh dan diketahui NIK tidak valid baru deh pusing tujuh keliling.

Umumnya seperti mendaftar CPNS, mendaftar sekolah kedinasan, mendaftar sekolah SD, SMP, SMA, mendaftar BPJS sekarang menggunakan NIK. Mereka para instansi dan panitianya akan mengecek NIK terlebih dahulu valid atau tidak. Nah buat jaga-jaga, jauh hari sebaiknya kita cek dulu NIK kita valid atau tidak sendiri jadi kita tenang,

Cara cek nik dulu sih gampang banget lewat situsnya kemendagri di http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik tapi entah kenapa sekarang kok dan beberapa kali saya coba sudah tidak bisa cek nik di dukcapil.kemendagri.go.id ada apa ini kemendagri kok malah kemunduran?

Namun masih ada cara lain untuk cek valid tidaknya NIK lewat online, namun cara ini memiliki keterbatasan, yakni tidak bisa cek NIK anak. Karena datanya lewat data KPU jadi anak yang belum terdaftar di DPT Pemilu tidak ada. Namun sepertinya menu yang di web KPU untuk ngecek pun sudah tidak ada karena pemilu sudah usai. Namun dulu sempat ada yang mengambil datanya dan membuat aplikasi dengan data tersebut.

Saat ini sudah ada aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengecek NIK KTP anda. Aplikasi ini cukup mudah digunakan, anda tinggal memasukkan NIK yang terdaftar di KTP anda atau kartu keluarga. Jika NIK anda belum terdaftar, berarti anda belum melakukan perekaman e-KTP.

Untuk saat ini aplikasi CEK NIK hanya menampilkan Nama, NIK, Jenis Kelamin, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Untuk informasi lainnya belum tersedia.

Untuk anda yang ingin mencoba aplikasi ini, anda harus punya Smartphone bersistem operasi android. Untuk download silahkan klik link ini download

atau anda bisa langsung membuka Play Store dengan mengetik kata kunci : Cek KTP